Selasa, 13 Januari 2015

Istilah untuk agan yg tinggal di bantaran sungai bengawan solo

[CENTER][/CENTER] selamat malam gan , tak lupa assalamualaikum wr.wb ?
kali ini ane mau ngebahas tentang bengawan solo .
SUNGAI BENGAWAN SOLO memiliki panjang 548,52km , yang membentang dari wonogiri jawa tengah sampai gresik jawa timur ,
di balik sejarahnya yang panjang , tak lupa ane akan ajak agan2 untuk mengetahui berbagai istilah untuk agan2 yang tinggal di bantaran sungai bengawan solo .
langsung saja cekidot :
1-BENO
istilah ini banyak di sebutkan gan ketika musim hujan ,di karenakan sungai sudah tak muat lagi menampung air . yaps bener gan BANJIIIIIR ,ngungsi deeehh :sorry[CENTER][/CENTER] selamat malam gan , tak lupa assalamualaikum wr.wb ?
kali ini ane mau ngebahas tentang bengawan solo .
SUNGAI BENGAWAN SOLO memiliki panjang 548,52km , yang membentang dari wonogiri jawa tengah sampai gresik jawa timur ,
di balik sejarahnya yang panjang , tak lupa ane akan ajak agan2 untuk mengetahui berbagai istilah untuk agan2 yang tinggal di bantaran sungai bengawan solo .
langsung saja cekidot :
1-BENO
istilah ini banyak di sebutkan gan ketika musim hujan ,di karenakan sungai sudah tak muat lagi menampung air . yaps bener gan BANJIIIIIR ,ngungsi deeehh .
beno artinya BANJIR .
2-UMPRIK
istilah ini juga hampir sama artinya dngn beno gan , umprik terjadi ketika ketinggian air meningkat .
umprik artinya MELUAP .
3-PLADU
istilah ini sering digunakan ketika di sungai terjadi banyak ikan yang keluar , keluarnya ikan secara massal ini biasanya terjadi ketika sungai umprik/meluap secara mendadak . jadi agan2 bisa nangkep ikan dengan sangat mudah dikarenakan banyak ikan yang sedang mabok,gitu gan katanya !
pladu artinya KELUARNYA IKAN SECARA MASSAL.
4-BLURON
ini istilah untuk agan2 yg tinggal di bantaran sungai sudah nggak asing lagi , blurpn sendiri merupakan kegiatan yang sering di lakukan oleh anak2 , yaps hanya skedar bermain dll ,
bluron artinya BERENANG DI SUNGAI .
5-BLANGKROK
blangkrok merupakan istilah yang di peruntukan kpda alat . blangkrok adalah alat untuk mencari kayu2 yang hanyut oleh sungai .
blangkrok adalah ALAT UNTUK MENCARI KAYU .
6-NAMBANG
untuk agan2 yang aktivitas sehari harinya harus melewati sungai, mungkin istilah ini sering di gunakan .
nambang adalah MENYEBRANG SUNGAI .
Demikian thread sederhana dari ane gan hasil dari pengalaman ane sebagai salah satu warga bantaran sungai bengawan solo . ane pemula gan ,ini thread pertama ane gan . maaf berantakan .semoga bisa menambah wawasan agan di mari . ok gan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar